menggembel di negeri orang

terhitung uda dua minggu gw balik “menggembel” dari negeri tetangga. acara jalan jalan yang modal nekatnya lebih dari modal duit, alias pergi lebih karna nekat, bukan karna duit. pergi berbekal kalimat “whatever will be, will be!! yang penting gw punya tiket PP, n paspor gw ga ilang!” maka sukses lah gw menggembel ke thailand dan malaysia selama 8 hari! gw pergi bareng temen kuliahan, dan ini pengalaman pertama gw backpakeran. ternyata backapakeran tu emang seru euy!! mau lagi deh gw, tapi masalahnya skripsi gw blum kelar ne, ada yang mau bantuin ga?? (gimana mau kelar, mule aja belum -_-” )

so, gw berangkat dari sini tanggal 16 januari, flight ke malaysia jam 8.30, nyampe di malaysia sekitar jam 10.30 (malaysia lebih cepat 1 jam), ngurus imigrasi n bagasi, trus makan, n nungguin pesawat ke bangkok mpe jam 14.15. pesawatnya telat 30 menit, harusnya flight jam 13.40, tapi ini boarding jam 2 siang, n berangkat 15 menit kemudian. nyampe di bangkok jam 15.30 (lama penerbangannya 2 jam 20 menit, waktu bangkok sama ama disini). nyampe di bandara, ngantri imigrasi (lagi), ngurus bagasi, nuker duit, ngambil peta n smua brosur pariwisatanya, n nyari transportasi ke penginapan. gw nginap di shivarin guesthouse, lokasinya deket ama khaosan road, deket jembatan Rama VIII. servisnya lumayan memuaskan, tempatnya cozy. recommended dehh..😀 malam pertama di bangkok gw ama temen cuma nyari makan n muterin lokasi deket penginapan aja. udah capek soalnya seharian di bandara.

hari ke 2, gw explore kota bangkok (ga semua siy, cuma ke tempat-tempat “wajib” nya aja, kayak chao praya, grand palace, n sleeping budha) menurut gw at glance bangkok mirip mirip ama jakarta, cuma bangkok JAUH lebih teratur dan BERSIH dari jakarta. bukannya gw ga nasionalisme ne, tapi emang itu lah faktanya. gw ga sempat explore bangkok sampe pelosok, karna gw disini cuma 1 malam 1 hari! sorenya langsung berangkat ke phuket, and sialnya gw ketinggalan bis!! uda sejam gw nunggu di jalan, stop taksi, tapi ga ada yang mau nganterin ke terminal karna katanya siy lagi traffic. akhirnya ada satu sopir taksi yang yang nyaranin gw ke tourism centernya, cuz gw blum punya tiket ke phuket. maka dengan begitu berakhirlah gw di tourism center. disana gw bilang gw mau ke phuket, n kalo bisa berangkatnya malam ini juga! orang orang disana rada frustasi juga dengernya, but they made effort!! setelah setengah jam telfon sana sini akhirnya gw and temen gw dapet juga bus ke phuket malam itu juga! tapi harganya itu lhoo,, nyiksa bangett!! yahh mau gimana lagi, resiko. kita uda check out dari hostel, n bus berikutnya berangkat pagi. kalo kita ga ngambil bus itu so kita mesti nunggu sekitar 12 jam lagi, and we dont have place to stay! setelah mikir-mikir untung ruginya, maka kita ambil bus malam itu (walo tarifnya ga bersahabat banget) dan berangkatlah kita ke phuket!

total waktu perjalanan ke phuket tu sekitar 18 jam, masuk transit. dari bangkok kita transit di suratani. dari suratani naik bus lagi ke phuket. nyampe di phuket sekitar jam 4 sore, (kalo kita tolak bus malam tu, dan berangkat pake bus pagi, bisa-bisa tengah malam kita nyampe di phuket). kita langsung check in hostel, bersih-bersih, dan nyari makanan ke luar. kita nginapnya di sunwest guesthouse. habis makan, kita muter muter phuket town sambil nyari tiket one day tour ke phiphi buat besoknya. well, misi utama kita ke phuket tuh bukan pantai, tapi phiphi, so walo kita ga sempat main di pantai phuket, ga papa, cuz misi terlaksana. kita di phuket cuma 2 hari. nyampe disini dah sore, besok paginya langsung ke phiphi, and hari berikutnya berangkat ke hatyai, ngambil bus ke KL, dan lagi-lagi gw ketinggalan bus. dari phuket ke hatyai harusnya 8 jam, tapi bus nya lelet banget, dan total perjalanan ke Hatyai jadi 9,5 jam. harusnya gw nyampe di KL jam 6 sore, dan ngambil bus jam 7 ke KL, tapi nyatanya gw nyampe di Hatyai jam 7.30 malam. maka malam itu sukseslah gw dan 4 teman gw yang lain menggembel di Hatyai. setelah kita ngambil tiket pagi ke Hatyai, kita booking 1 kamar buat 5 orang.

overall, thailand was good but its smell!! sumpah gw ga nahan ama bau nya,, maaf niy bukannya apa-apa, tapi niat gw buat kuliner masakan lokal sana langsung dibatalkan, karna bau makannya bikin gw langsung ga selera. walo gitu, orang sana baik banget, ramah banget. pengen balik kesana lagi, and explore tempat tempat lain yang kemaren ga sempat didatangi.

di KL gw cuma 2 malam 1 hari, jadi ga banyak tempat yg gw datangi disini. bahkan ke genting pun gw ga sempat!!(kasian deh gw) di KL gw nginap di backhome hostel. disini gw cuma pergi ke lapangan merdeka, mesjid jamiak, bukit bintang, dan china town. walo gitu at least gw bisa liat perayaan cap go meh disana. meriah banget!!

hasil dari menggembel yang gw dapetin: badan pegel, apa lagi kaki gw, nyaris ga bisa jalan gw cuz selama 8 hari tu kaki adalah moda transportasi utama. but pengalaman yang gw dapet itu lho!! pengen lagi jalan secepatnya ke destinasi yang berbeda! kemungkinan besar next trip nya dalam negri deh. moga aja deh gw bisa cepet ngelarin skripsi, so acara jalan berikutnya juga bisa cepet…😀

About Dyra Gustin

Free spirited, adventurer, child at heart
This entry was posted in going around. Bookmark the permalink.