KKN – lesson to be learned part II


uda kira – kira 5 bulan KKN gw kelar,  but the memories still remain….😀

saat-saat ngegaje di posko, saat-saat sibuk persiapan waktu DPL mau inspeksi, saat-saat maen di sawah (secara halaman belakang posko gw sawah, enak banget deh pemandangannya). tapi bukan berarti selama KKN kemaren kerjaan kita maen mulu lhoo…, walo sebagian besar waktu KKN tu habis leyeh leyeh di posko aja siy.. hahahha…

hidup bareng selama kurang lebih 35 hari ama temen-temen yang nyaris seumuran di tempat yang sama sekali asing itu banyak banget ngasi pelajaran buat kehidupan setelah kita ngelarin tugas belajar di kampus dan terjun ke kehidupan nyata. pelajaran yang didapat ga cuma dari masyarakat sekitar, tapi juga dari sesama teman, dan dari cara kita berinteraksi dengan mereka, cara kita memperjuangakan kepentingan kita, dan temen – temen juga memperjuangkan kepentingan mereka.

gw jadi kepengen nulis tentang KKN lagi, karna sekarang ini seorang temen gw juga lagi KKN. dari ceritanya dia gw juga jadi inget pengalaman KKN gw kemaren. gw masi inget wajah anak-anak disana, mereka sangat bersemangat dalam menceritakan kehidupan sehari-hari mereka. gw jadi tau kalo untuk sekolah atau buat dapat jajan tu mereka mesti kerja dulu!! padahal mereka tu baru es de lhoo.. gw jadi malu ama diri sendiri. uda segede gini jajan masi dikasi ortu, ga pernah kepikiran kerja buat nambah-nambah jajan. walo mereka kerja dulu sebelum/sepulang sekolah, tapi semangat mereka buat sekolah tu tinggi bangettt..!!!! mereka ga pernah ga buat tugas. nah lhoo,, pas masa kita sekolah dulu, sering kan ga buat tugas,, adaaa aja alasan, kayak mati lampu lah, ketiduran lah, ga punya buku lah.. makin malu ama mereka gw.

nahh,, pelajaran yang gw dapet dari hidup bersama temen-temen lain tu, tentang team work, and tenggang rasa. karna proker yang kita kerjain itu melibatkan tim, dan tidak selamanya tim kita seide dengan kita. dalam pelaksanaan sebuah kegiatan, terkadang permasalahan muncul ditengah jalan. disini kemampuan kita untuk jadi problem solver di uji, dan bagaimana kita mengesampingkan ego kita, demi kesuksesan program yang sedang dijalankan.

hidup bareng temen yang seumuran, dan mungkin sebelumnya kita ga kenal itu seru!! awal-awalnya smua pada jaim, tapi pas uda jalan seminggu, mule deh kluar aslinya.., pas aslinya uda keluar disini baru psikologis kita diasah. ngadepin macem macem orang tu gampang gampang susah. ada yang seide ma kita, ada juga yang sama sekali bertentangan. yang masa bodo juga ada. jadi biar suasana ga mono, dan apa yang kita mau dapet, ya pinter pinter kita gimana kita memperjuangkan kepentingan kita.. intinya kita mesti paham bahwa latar belakang masing masing orang tu berbeda, dan itu yang menjadikan manusia itu unik.

ahh,, jadi pengen ngulang KKN gw, dengan orang – orang yang sama dan di tempat yang sama!!

About Dyra Gustin

Free spirited, adventurer, child at heart
This entry was posted in random. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

