Foreign Policy Conception of Russian Federation


General Provision

Konsepsi politik luar negeri Rusia menggambarkan tentang sistem dan inti dari kegiatan politik luar negeri Federasi Rusia. Dasar hukum dari konsepsi ini adalah konstitusi Federasi Rusia, hukum Federasi, dan undang – undang lain dari badan legislatif Rusia yang mengatur kegiatan badan federal di ruang lingkup politik luar negeri.

Di awal abad ke 21, situasi internasional mendesak untuk berpikir ulang mengenai keseluruhan situasi yang mengelilingi Federasi Rusia, prioritas politik luar negeri Rusia, dan sumberdaya yang tersedia untuk mendukung itu. Prioritas paling utama dari politik luar negeri Rusia adalah perlindungan kepentingan individu, masyarakat, dan negara.

The Contemporary World and the Foreign Policy of the Russian Federation

Dunia kontemporer sedang mengalami perubahan fundamental dan dinamis yang sangat mempengaruhi kepentingan Federasi Rusia dan masyarakatnya. Rusia aktif dalam proses ini. Rusia mempunyai pengaruh yang diperhitungkan dalam tata dunia baru. Berbagai dinamika yang terjadi dalam hubungan internasional telah memperluas kesempatan untuk kerja sama. Peran lebih dimainkan oleh ekonomi, politik, ilmu pengetahuan dan teknologi, lingkungan dan faktor informasi, ketimbang konflik dan kekuatan militer.

Tantangan dan ancaman terhadap kepentingan nasional Rusia terus bermunculan dalam peristiwa – peristiwa internasional. Ada pertumbuhan tren menuju pembentukan tatanan unipolar, dengan ekonomi dan kekuasaan yang didominasi oleh Amerika. Kepercayaan yang lebih besar terletak pada institusi barat dan forum dengan keanggotaan terbatas untuk memecahkan isu – isu besar dari keamanan internasional, dan peran dari Dewan Keamanan PBB menurun.

Strategi tindakan unilateral bisa mengacaukan situasi internasional. Russia ingin mengembangkan sistem multipolar yang menggambarkan dengan sebenarnya keragaman dari dunia kontemporer, dan berbagai kepentingannya. Pertimbangan bersama terhadap berbagai kepentingan akan menjamin efektivitas dan reliabilitas tatanan dunia. Kepentingan Rusia juga tekait dengan kecenderungan lain, yaitu:

  • Globalisasi ekonomi dunia
  • Meningkatkan peran di institusi internasional dan mekanisme dalam ekonomi dan politik dunia
  • Pengembangan integrasi regional dan sub regional
  • Persaingan militer diantara regional power, pertumbuhan separatisme, ekstrimis agama dan etnis. Potensi konflik bersenjata regional dan domestik yang berkelanjutan merupakan ancaman bagi keamanan dan perdamaian internasional

Ancaman yang dibawa oleh kecenderungan ini diperburuk oleh sumber daya terbatas yang mendukung implementasi politik luar negeri Rusia. Federasi Rusia punya potensi untuk mencapai tempat yang dihormati di dunia. Di masa lalu, Rusia telah berhasil menggunakan kesempatan tambahan untuk kerjasama internasional sebagai hasil dari transformasi radikal di negara itu.

Federasi Rusia mengejar politik luar negeri yang bersifat membangun dan independen, berlandaskan pada kemungkinan dan konsistensi, dalam keuntungan pragmatis bersama. Kebijakan ini se transparan mungkin, membawa pada pertimbangan legitimasi kepentingan negara lain, dan bertujuan untuk menemukan solusi bersama. Rusia adalah rekan yang bisa dipercaya dalam politik luar negeri.

Priorities of the Russian Federation inAddressing Global Problems

Untuk kesuksesan politik luar negeri Rusia, haruslah berdasarkan pada menjaga keseimbangan antara tujuan dan potensi untuk mencapai tujuan – tujuan itu. Ada kebutuhan untuk meningkatkan efektivitas politik, hukum, ekonomi luar, dan instrumen lain dalam melindungi kedaulatan Rusia dan ekonomi nasionalnya dalam kondisi globalisasi.

  1. Membentuk bangunan tatanan dunia baru

Rusia berkepentingan dalam struktur internasional yang stabil, berlandaskan pada prinsip keadilan, saling menghormati, dan kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. PBB harus tetap menjadi kunci pusat yang mengatur hubungan internasional di abad ke 21 ini.

Russia menambahkan pentingnya pastisipasi dalam forum G8. Federasi Rusia bermaksud untuk menjalin kerjasama yang baik dengan negara – negara lain dalam forum ini.

  1. Memperkuat keamanan internasional

Russia mendukung lanjutan pengurangan peran dari faktor kekuasaan dalam hubungan internasional, terkait dengan kerjasama berkelanjutan dalam meningkatkan stabilitas regional dan strategis.

  1. Hubungan ekonomi internasional

Tujuan utama politik luar negeri Federasi Rusia di ruang lingkup hubungan ekonomi internasional adalah memajukan pembangunan ekonomi nasionalnya. Rusia harus siap untuk memanfaatkan semua sumberdaya untuk memperkuat kepentingan nasionalnya. Rusia mendorong pengembangan kerjasama internasional untuk memastikan keamanan lingkungan.

  1. Hak asasi manusia dan hubungan internasional

Komitmen terhadap nilai – nilai masyarakat demokrasi, termasuk menghormati hak asasi manusia dan kebebasan, maka Russia memperluas kerjasama dibidang hak asasi manusia, dan melakukan perlindungan hak asasi warga negaranya di, yang berlandaskan pada hukum internasional, dan perjanjian bilateral.

  1. Bantuan informasi untuk kegiatan politik luar negeri

Tugas penting yang dilakukan oleh Federasi Rusia dalam politik luar negerinya adalah menyampaikan bagian luas dari tujuan masyarakat dunia dan informasi akurat tentang pendirian Rusia dalam kunci permasalahan internasional. Bagian yang paling penting dari misi ini adalah membentuk persepsi positif terhadap Rusia.

Regional Priorities

Prioritas politik luar negeri Rusia adalah memastikan keserasian kerjasama multilateral dan bilateral dengan anggota Commonwealth Independent States (CIS) untuk tugas keamanan negara. Penekanan diberikan pada pengembangan hubungan baik bertetangga, dan kerjasama strategis dengan semua negara – negara anggota CIS.

Penegasan serius terdapat pada pengembangan kerjasama ekonomi, termasuk menciptakan zona perdagangan bebas dan penerapan program penggunaan rasional sumberdaya bersama. Federasi Rusia akan menjalankan usaha untuk memastikan kepatuhan terhadap kewajiban bersama terkait pemeliharaan dan penambahan warisan budaya bersama dalam keanggotaan CIS.

Tujuan utama politik luar negeri Rusia di eropa adalah pembentukan sistem demokrasi yang stabil bagi kerjasama dan keamanan Eropa. Rusia bermaksud untuk melanjutkan partisipasi aktifnya di Dewan Eropa. Kunci pentingnya adalah hubungan dengan Uni Eropa. Rusia memandang Uni Eropa sebagai rekan utama dalam politik dan ekonomi.

Dalam hubungannya dengan negara – negara di kawasan Eropa Tengah dan Eropa Timur, prioritas Rusia adalah menjaga ikatan kekerabatan, ekonomi, dan budaya, menanggulangi krisis berkelanjutan, dan memberikan dorongan lanjutan untuk bekerjasama.

Asia adalah subjek dari pertumbuhan kokoh dan signifikan keseluruhan politik luar negeri yang dilakukan oleh Federasi Rusia. Salah satu tugas penting politik luar negeri Rusia di Asia terletak pada pengembangan hubungan baik dengan kekuatan besar yang ada di Asia, terutama India dan China.

Rusia mencoba membangun hubungan yang saling menguntungkan dengan China di semua sektor. Rusia bermaksud untuk memperkuat kerjasamanya dengan India. Rusia mendukung pembentukan zona bebas nuklir di Asia. Federasi Rusia menginginkan terjalinnya hubungan yang baik dengan Jepang yang akan disesuaikan dengan kepentingan kedua negara. Rusia juga berkeinginan untuk membangun hubungan yang dinamis dengan negara – negara di Asia Tenggara.

Rusia akan bekerja untuk memajukan situasi stabil di Timur Tengah. Pengembangan hubungan lebih lanjut dengan Iran dianggap penting. Konflik berkepanjangan yang terjadi di Afghanistan dipandang sebagai ancaman terhadap keamanan di perbatasan utara CIS, dan secara langsung berpengaruh tehadap kepentingan Rusia. Rusia bermaksud untuk berpartisipasi aktif dalam mitigasi situasi pasca krisis di kawasan ini.

Russia melihat Mediterania sebagai titik pertemuan berbagai kawasan, seperti Timur Tengah, Laut Hitam, Kaukakus, dan Laut Kaspia. Rusia bermaksud untuk menentukan berbagai tujuan untuk menjadikan kawasan itu sebagai zona damai, stabil, dan hubungan baik dengan tetangganya.

Rusia akan memperluas interaksi dengan negara – negara Afrika dan membantu penyelesaian konflik regional bersenjata di Afrika. Rusia bekerja keras untuk dialog politik dan ekonomi lanjutan dengan negara – negara di kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan, memperluas interaksi dengan negara – negara ini dalam kerangka organisasi internasional.

Formation and Implementation of the Foreign Policy of the Rusia Federation

Presiden Federasi Rusia memainkan peran Federasi Rusia dalam hubungan internasional. Dewan Federasi dan perkumpulan federal dari Federasi Rusia menjalankan tugas legislatif untuk medukung politik luar negeri Rusia dan memenuhi kewajiban internasionalnya. Badan keamanan Federasi Rusia melakukan keputusan Presiden di area keamanan internasional, dan mengawasi penerapannya.

Kementrian luar negeri menjalankan tugas implementasi langsung rangkaian kebijakan luar negeri yang disetujui oleh Presiden. Konstituen Federasi Rusia sebaiknya mengikuti ikatan internasional mereka sesuai Konstitusi Federasi Rusia, dan hukum federasi yang mengkoordinasi ikatan ekonomi internasional dan eksternal entitas konstituen Federasi Rusia, dan tindakan legislatif lainnya.  Otoritas eksekutif jika diperlukan bekerjasama dengan NGO yang terdapat di Rusia.

sumber: Russian Foreign Policy in Transition Concepts and Realities

About Dyra Gustin

Free spirited, adventurer, child at heart
This entry was posted in learning and sharing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s