KKN – lessoned to be learned


tertanggal 11 Juli 2011, gw dan semua angkatan 2008 memulai program KKN yang diadakan oleh kampus. gw ditempatin di suatu daerah yang bernama nagari balimbing, kecamatan rambatan, terletak di batusangkar, sumatera barat. pada awal keberangkatan, gw ga begitu semangat ngikutin nih program, dan sedikit kesal dengan peraturan kampus yang menyatakan setiap mahasiswa wajib mengikuti KKN sebagai syarat profesional agar bisa wisuda.

jumlah mahasiswa yang mengikuti KKN di nagari balimbing adalh 20 orang, yang berasal dari berbagai disiplin Ilmu. disini kurang lebih selama 32 hari kami hidup bersama, dan mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan di bangku perkuliahan langsung pada masyarakat.

minggu pertama KKN, kami masih disibukkan dengan revisi proposal, rapat, dan survei, sehingga program kegiatan yang baru bisa dijalankan pada minggu kedua. bukan berarti program bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan, tetapi itu tidak menjadi alasan bagi kami untuk tidak menjalankan program, karena tujuan utama dari KKN ini adalah adanya transfer pengetahuan dari mahasiswa ke masyarakat, dan diharapkan agar tempat mahasiswa berKKN menjadi lebih maju.

program utama yang gw jalankan bertemakan lingkungan sehat, dan perbaikan sanitasi masyarakat, metode pelaksanaannya berupa penyuluhan, dan  program penunjangnya ngajar pada beberapa SD yang terdapat disana. pada salah satu SD yang bisa dibilang tertinggal, gw mendapat suatu pelajaran yang sangat berharga dari seorang anak kelas II SD. gw terkesan dengan semangat dan keinginan belajarnya. dia tidak malu untuk menghampiri gw dan bertanya mengenai bahasa inggris, bahkan sang anak juga meminta buku bahasa inggris, agar dia bisa mempelajarinya di rumah. iseng gw nanya ke dia, kok dia mau blajar bahasa inggirs, dan jawabannya buat gw ga bisa ngomong. sang anak menjawab kalo dia pengen belajar bahasa inggris, biar dia bisa ngajarin temen temennya. sebuah alasan sederhana, dan tidak muluk – muluk. mungkin kita semua ga pernah mikirin alasan ini waktu mulai belajar sesuatu, mungkin ketika memulai sesuatu orientasi kita adalah apa yang bisa kita dapat dari itu, apa keuntungannya bagi kita. jujur terkadang gw juga kayak gitu.

jawaban polos dari seorang bocah lugu itu membuat mulut gw terkunci, gw hanya bisa tersenyum denger jawaban itu. gw langsung cerita ke temen temen lain yang juga ikut ngajar di SD itu, dan kami semua terkagum kagum dengan semangat belajar, dan keinginan anak itu. keesokan harinya gw langsung pulang untuk nyariin buku buat tuh anak, dan setelah telfon sana – sini, akhirnya satu copyan buku panduan belajar bahasa inggis buat pemula berhasil gw dapetin.

gw langsung balik ke lokasi KKN, dan pada kegiatan selanjutnya di SD itu, gw ngasih tuh buku pada anak. gw dapet bocoran dari temen temen lain kalo tuh anak nanyain gw waktu gw ga ada, dan juga buku bahasa inggris yang gw janjiin buat dia. gw terharu banget waktu dia bilang makasih, dan gw cuma bisa ngangguk. gw bisa ngeliat sinar bahagia dan keyakinan di matanya. air mata gw nyaris jatuh karena rasa haru, salut dan bangga yang gw simpan buat tuh bocah. gw cuma bisa berharap semua keinginannya tercapai, dan niat mulianya terlaksana.. Amiin…

About Dyra Gustin

Free spirited, adventurer, child at heart
This entry was posted in random. Bookmark the permalink.

4 Responses to KKN – lessoned to be learned

  1. ara says:

    coba ajj semua anak bangsa punya semangat seperti itu .. yakin nii negara bakal maju ..

  2. debby109 says:

    @ ara: yups.
    dan akan lebih baik kalo negara provide fasilitas yang memadai buat kemajuan pendidikan negeri ini. begitu banyak potensi yang terdapat di tempat-tempat yg ga di duga. jangan kira anak-anak di daerah tertinggal itu ga mikirin sekolah. semangat mereka untuk sekolah sangat tinggi, dan perjuangan untuk duduk di bangku sekolah luar biasa.
    di tempat KKN gw tu, anak2 nya kesekolah masi belum make sepatu, seragamnya bisa dibilang uda ga layak pake lagi, sebelum sekolah mesti kerja dulu, tetapi semangat dan kemauan mereka untuk sekolah ga padam karna smua rintangan itu…

Leave a Reply

