Politik Global AS di bidang Keamanan


A.    Keadaan Global Pasca Serangan 9/11

Aksi terorisme pada tanggal 11 September 2001, yang menjadikan menara kembar WTC di Amerika sebagai targetnya telah mengejutkan seluruh dunia. Amerika sebagai negara pemegang power terbesar, dan merupakan kekuatan hegemoni dunia mendapat serangan langsung di wilayah teritorialnya, sesuatu yang selama ini belum pernah terjadi, bahkan dimasa perang sekalipun.

Masyarakat internasional segera menyadari bahwa ancaman yang mereka hadapi tidak lagi bersifat tradisional, namun ancaman yang bersifat non tradisional lebih nyata, seperti aksi – aksi terorisme, dan kejahatan lintas batas negara. Negara – negara di seluruh dunia bersegera memperketat sistem pertahanan dan keamanan mereka. Pemeriksaan yang ketat terlihat di bandara – bandara internasional di seluruh dunia, terutama untuk penerbangan dari dan ke Amerika.

Negara – negara di dunia kembali saling mencurigai satu sama lain, karena pergerakan teroris ini bersifat gerilya. Amerika yang langsung menuduh Al-Qaeda sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap penyerangan WTC, dan invasi Amerika ke Afghanistan menimbulkan ketegangan antara dunia Muslim dengan Barat. Kecurigaan terhadap umat Muslim oleh umat non Muslim di seluruh dunia juga meningkat. Muslim minoritas di negara – negara non muslim sering mendapat perlakuan kasar, dan menjadi korban dari tindakan rasisme.

B.     Pergeseran Kebijakan Keamanan Luar Negeri Amerika Pasca Serangan 9/11

Tata dunia sering berubah mengikuti suatu peristiwa besar yang dramatis terjadi. Berakhirnya Perang Dunia I dan II segera diikuti dengan Perang Dingin. Peristiwa ini menjadi ajang bagi negara – negara untuk show off power yang dimilikinya, dan berusaha untuk mencapai tempat tertinggi dengan menjadi pemenang, atau pihak yang mengendalikan situasi. Era Perang Dingin diakhiri dengan Amerika keluar sebagai pemenang. Sejak saat itu, secara tak terbantahkan Amerika menjadi negara hegemoni, hingga saat sekarang ini. Amerika dengan segala sumberdaya yang dimilikinya berusaha menyebarkan nilai – nilainya ke seluruh belahan dunia, yaitu apa yang dikenal dengan demokrasi.

Peristiwa serangan menara kembar WTC pada tanggal 11 September 2001. Merupakan pukulan telak terhadap bangsa Amerika, dan telah mengubah tatanan politik dunia secara signifikan. Bagi Amerika ini merupakan sebuah tamparan keras terhadap supremasi power yang mereka miliki, karena sebelumnya Amerika tidak pernah menerima serangan di daerah terirorialnya. Serangan ini juga membuka mata dunia, bahwa ancaman yang dihadapi sekarang ini tidak hanya ancaman tradisional berupa invasi militer, tetapi juga ancaman keamanan non – tradisional, seperti apa yang dihadapi oleh Amerika, yaitu terorisme. Serangan WTC (lebih dikenal dengan tragedi 9/11) ini telah mengubah kebijakan Amerika di bidang keamanan secara signifikan, dan sifatnya universal.

Amerika memutuskan untuk menyerang Irak dan Afghanistan dalam rangka perang melawan terorisme, walau kebijakan ini menuai kontroversi sampai saat sekarang, dan kebijakan luar negeri Amerika dibidang keamanan semenjak saat itu berubah menjadi perang melawan terorisme di seluruh dunia.

Tragedi 9/11 ternyata kembali merubah kecenderungan luar negeri Amerika yang memfokuskan pada penyebaran nilai – nilai demokrasi, liberalisasi, HAM, dan penanganan kejahatan lintas batas, menjadi kecenderungan pada kekuatan militer dan hegemoni, dan juga penguatan dan perluasan peran pada perpolitikan dunia. Satu hal yang bisa dibaca jelas dari kebijakan politik luar negeri Amerika pasca serangan 9/11 adalah berubahnya fokus kebijakan Amerika, yaitu dari penyebaran nilai – nilai demokrasi, HAM, liberalisi, dan lainnya, menjadi membangun aliansi dalam memerangi terorisme di tingkat global.

About Dyra Gustin

Free spirited, adventurer, child at heart
This entry was posted in learning and sharing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s