Review Film: Charlie Wilson’s War


Film ini bercerita mengenai seorang anggota kongres dari Texas, yang memanfaatkan posisinya untuk mempengaruhi pemerintahan Amerika untuk memberi bantuan pada penduduk Afghanistan yang berjuang melawan pasukan uni Sovyet. Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata, dimasa Perang Dingin, khususnya saat dimana Sovyet menduduki Afghanistan.

Sebuah tayangan yang sengaja dilihat oleh Charlie ketika sedang berpesta bersama teman – temannya mengubah alur cerita perang dingin. Sang anggota dewan tersentuh melihat berita mengenai perjuangan rakyat Afghanistan untuk bebas dari Sovyet. Dengan posisinya, dan juga bakat terpendam yang dia miliki, Charlie mampu mengarahkan Kongress untuk membantu rakyat Afghanistan lepas dari pendudukan AS.

Dengan bantuan agen CIA, Gust Avrakotos, dan  seorang teman lama, Joanne Herring, dia mampu mengubah jalannya cerita perang. Dengan diplomasi pribadi yang dilakukannya kepada beberapa pihak, Charlie berhasil mengumpulkan dana untuk sebuah operasi rahasia, yang kemudian dikenal dengan Cyclone Operation. Usaha yang dilakukannya ini kemudian mendatangkan hasil ketika AS dan sekutunya memberi bantuan senjata pada para pejuang Afghanistan dalam perang melawan Sovyet.

Film ini menggambarkan usaha AS dalam membendung paham komunisme yang berusaha disebarkan oleh Sovyet. Afghanistan hanyalah salah satu medan pertempuran dari proxy war yang terjadi diantara kedua negara, selayaknya pertempuran yang terjadi di Vietnam. Disini lebih diperlihatkan bahwa faktor individu seseorang mampu mengubah kebijakan politik luar negeri suatu negara. Keputusan yang diambil berdasarkan pada pertimbangan rasional, idealisme sebagai seorang Amerika, juga unsur intervensi kemanusiaan, dan keinginan untuk membendung paham komunisme.

About Dyra Gustin

Free spirited, adventurer, child at heart
This entry was posted in learning and sharing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s