Mont Pelerin Society


Mont Pelerin Society (MPS) adalah Organisasi Internasional yang terdiri dari para sarjana, dan pemimpin bisnis dunia yang mendukung teori liberalisme klasik. MPS diadakan sebagai forum yang memfasilitasi pertukaran ide antar para sarjana tentang prinsip dan praktek free society, serta tentang jalannya, kebaikan, dan kurangnya orientasi pasar pada sistem perekonomian

Pada tahun 1947, Professor Friedrich von Hayek mengundang 36 sarjana dan para ahli untuk berkumpul di Mont Pelerin, Swiss untuk mendiskusikan negara dan kemungkinan dalam cara dan praktek liberalisme klasik. Kelompok ini mulanya berkumpul karena melihat adanya krisis dalam masyarakat. Mereka menganggap intervensi pemerintah dalam kegiatan perekonomian merupakan sebuah ancaman. Tidak hanya dalam kesejahteraan, tapi juga dalam serikat dagang, monopoli bisnis, dan ancaman inflasi.

MPS melihat masyarakat sebagai upaya untuk menjelaskan persetujuan prinsip dasar ekonomi rakyat yang diekspresikan oleh para ekonom klasik, sarjana politik, dan ahli filsafat yang mendapatkan inspirasi di Eropa, Amerika, dan menyebar di dunia barat.

MPS awalnya bernama Acton-Toqueville Society, akhirnya nama Mont Pelerin dipilih sebagai penghormatan untuk tempat dimana pertemuan pertama digelar. Para anggota berasal dari para kepala pemerintahan, penerima Nobel, jurnalis, dan para sarjana.

Grup ini tidak ingin melakukan propoanda, dan tidak menciptakan sebuah ortodoks, dan juga bukan persekutuan politik. Mereka semata – mata memfasilitasi tukar pikiran diantara para ahli tentang keyakinan ideal, dan konsep yang luas, sebagai kotribusi dan kemajuan free society.

About Dyra Gustin

Free spirited, adventurer, child at heart
This entry was posted in learning and sharing. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s